Super Mario RPG™: Legend of the Seven Stars
Sistem
RPGFID > Dunia Impian > Super Mario RPG
Halaman utama | Jalan cerita | Tokoh | Sistem
<updated! 08/02/2006>
Sistem Super Mario RPG agak berbeda dengan RPG kebanyakan. RPG ini mempertahankan unsur action dari seri-seri Super Mario dan membawanya ke dalam dunia RPG. Hasilnya, menarik!
Walaupun masih menggunakan turn-based dan mengusung sistem RPG, ciri khas Mario tetap tidak ditinggalkan. Mirip dengan Lufia II, semua musuh terlihat dengan jelas, dan kali ini murni tidak ada random encounter, karena Mario tidak berjalan di World Map. Di dungeon atau yang sejenisnya, Mario tetap bisa melompat ke sana kemari. |
![]() |
![]() |
Balok bertanda tanya yang biasanya berkelip-kelip (di Mario Bros.) tetap ada, hanya saja diganti peti harta. Isinya tetap sama: jamur (mengembalikan HP), bunga (menambah FP maksimum, lihat di bawah tentang apa itu FP), sejumlah koin yang diambil dengan memukul peti berulang kali sampai habis, bahkan bintang yang bisa melibas habis musuh! Pipa untuk masuk ke tempat lain juga masih ada. |
Khusus jika Mario mendapatkan bintang, sama seperti game Mario sebelumnya, ia bisa menerjang musuh untuk mendapatkan EXP dan koin tanpa perlu bertarung sampai efeknya habis. Dalam keadaan ini, bisa saja ada tokoh yang level-up, dan itu akan diberitahukan di layar dengan tulisan warna-warni Level Up! yang keluar dari atas kepala Mario. Betapa enaknya! Sayang, bintang ini langkanya bukan main. |
![]() |
![]() |
Sebagai tambahan, berbagai mini-game ditambahkan ke sini. Misalnya, berpetualang di dalam troli di pertambangan, adu lari, dan masih banyak lagi. Yang jelas, unsur Mario tetap ada di dalamnya, membuat permainan menjadi menarik dan tidak membosankan. Dialognya kadang-kadang lucu dan menggelikan, apalagi kalau Mario dan kawan-kawannya bereaksi, misalnya menggelengkan kepala, terkejut, dan banyak lagi. Teman Mario, Yoshi, juga ada di sini. |
Dalam pertarungan, tidak ada yang spesial, kecuali Square menambahkan sistem
baru. Untuk serangan fisik, saat tokoh nyaris menyerang, pemain harus menekan
tombol A agar efeknya lebih hebat. Sebaliknya, saat musuh nyaris menyerang,
pemain harus menekan tombol A untuk mengurangi damage. Untuk serangan
sihir tertentu, ada perintah-perintah tertentu yang harus diikuti, biasanya
berhubungan dengan tombol Y, untuk menambah efeknya. Perintah-perintah ini
dijelaskan di menu dalam bagian Special.
Sebagai contoh, lompatan legendaris Mario dijadikan sihir di sini, salah duanya
bernama Super dan Ultra Jump. Untuk efek yang lebih besar, pemain harus menekan
tombol Y dengan tepat saat Mario menginjak musuh. Ini dilakukan berulang kali
sampai combo-nya habis atau pemain sudah tidak menekan tombol Y dengan
tepat lagi. Para veteran Mario pasti ingat dengan efek suara yang terdengar
saat Mario melakukan teknik ini: suara yang sama di Mario Bros. saat Mario
melakukan trik 1UP pada Troopa. Khusus Super Jump, Mario bisa melakukannya
sampai lebih dari 30 kali!
Tambahan, setiap seorang tokoh mengalahkan musuh, jika beruntung, ia akan mendapatkan bonus. Ada 5 macam bonus: Attack Up!, Defense Up!, Once Again!, Lucky!, dan HP Max!. Attack Up! dan Defense Up! hanya berlaku selama pertarungan. Sesuai namanya, Once Again! memberikan kesempatan sekali lagi kepada tokoh itu untuk menyerang.
![]() |
jadinya begini: |
|
Untuk Lucky!, yang bisa dipanggil sembarangan dengan benda Lucky Candy, di akhir pertarungan pemain akan ditawari untuk mendobel EXP atau koin. Bila ya, pemain harus menebak di manakah Yoshi. Kalau benar, EXP atau koin akan digandakan. Kalau pemain memilih anak ayam, permainan dianggap seri dan tidak terjadi apa-apa. Kalau yang terpilih bayi monster hitam, duh, pemain kalah dan EXP atau koin yang dipertaruhkan akan hilang semua. Benar-benar mempertaruhkan keberuntungan... HP Max! akan langsung mengembalikan HP tokoh itu ke nilai maksimumnya. Enak nih...
![]() |
jadinya begini: |
![]() |
Sebagai pengganti MP, dan untuk lebih memberikan nuansa Mario, sihir menggunakan FP atau Flower Points. Berbeda dengan RPG lainnya, yang tiap tokohnya punya MP tersendiri, di sini FP dipakai bersama-sama oleh tiga tokoh sekaligus. Jumlah FP maksimum bisa ditambah dengan mengambil bunga (entah di dalam kotak bertanda tanya atau tergeletak begitu saja di tanah) atau dengan item Flower Jar yang tidak pernah bisa dibeli di toko.
Saat level-up, tokoh itu akan diberikan bonus. Pemain bisa memilih dengan bebas, apakah akan menaikkan Power (Attack dan Defense), HP, atau Magic (M.Attack dan M.Defense). |
![]() |
Apabila kelompok Mario sudah berjumlah lebih dari 3 orang, pemain bisa menukarnya kapan saja. Menu Switch akan terbuka (setelah penjelasan singkat dari si jamur), dan pemain bebas menentukan anggota kelompok yang aktif. Tentu saja, Mario tidak bisa dinonaktifkan. Untungnya, tokoh yang tidak aktif tetap menerima EXP penuh.
Copyright © 2004 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.
Butuh peta? Silakan minta di sini:
Super Mario RPG adalah © dan ™ 1996 Nintendo. Tokoh-tokoh adalah © Nintendo dan Square.
Screenshots yang tercantum dalam halaman ini hanyalah untuk peraga dan penjelas. Dilarang mengkopi, mereproduksi, atau menyebarluaskan screenshot yang ada dalam halaman ini dengan tujuan apapun.