Logo RPGFID

RPG OJ alpha 0.2

RPGFID > Dunia Impian > RPG OJ alpha 0.2

Halaman utama | Cerita | Sistem | Buku Manual | PMP3K | Walkthrough | Unduh!

<baru! 18/06/2006 by Èxsharaèn>

Buku Manual

RPG OJ intro

Selamat datang di Buku Manual RPG Our Journey alpha 0.1. Terima kasih telah memilih RPG OJ sebagai salah satu RPG milik RPG Fantasy Indonesia yang diadaptasi langsung dari versi bukunya RPN Our Journey. Dalam halaman ini Anda akan menemukan berbagai hal yang perlu diperhatikan untuk dapat memainkan RPG OJ dengan nyaman. Selamat menikmati!

Daftar Isi

Pengantar

Kebutuhan Sistem

Instalasi

Fitur

Tombol-Tombol

Mulai Main!

PMP3K (Pemecahan Masalah dan Penjawab Pertanyaan-Pertanyaan yang Perlu Dikemukakan)

PERLIPA (Persetujuan Lisensi Pengguna Akhir)

Credits

Pengantar

RPG OJ, seperti yang telah diketahui, adalah adaptasi langsung dari RPN OJ yang hingga kini masih ditulis. Rencana pembuatan RPG OJ sebenarnya telah ada sejak lama, tepatnya tahun 2004. Namun, karena berbagai halangan dan rintangan (termasuk kecelakaan yang nyaris "menewaskan" RPG OJ), barulah pada tahun 2006 ini RPG OJ dibuat dan akhirnya dirilis untuk umum. Sementara ini, RPG OJ dibuat oleh hanya dua orang, yaitu Èxsharaèn sendiri (yang nyaris mengerjakannya sendiri) dan Dhran. Karena itu, harap dimaklumi jika RPG OJ agak lama keluar untuk rilis-rilis berikutnya.

Walaupun diadaptasi langsung dari RPN-nya, RPG OJ tidaklah sepenuhnya sama dengan RPN OJ. Beberapa dialog diperbarui, dan tentu saja lebih banyak lagi ditambahkan untuk para NPC yang semula tidak ada. Beberapa event dihilangkan karena keterbatasan-keterbatasan tertentu, namun event-event lainnya ditambahkan untuk menggantikannya, yang dapat dipastikan tidak kalah serunya dengan versi RPN. Karena itu, versi RPN tidak dapat sepenuhnya dijadikan panduan (walkthrough), walaupun inti cerita tetap tidak berubah.

Jadi, seperti apa RPG OJ?

Kebutuhan Sistem

Berikut adalah kebutuhan minimal sistem untuk memainkan RPG OJ dengan cukup nyaman:

Sistem Operasi Microsoft® Windows® 98/98SE/Me/2000/XP
Prosesor 800MHz Intel® Pentium® III atau lebih tinggi
RAM 128 MB
Adaptor Video 1024x768 atau lebih tinggi dengan High Color
Kartu Suara kompatibel dengan DirectSound
Hard Disk setidaknya 50 MB

Kebutuhan sistem yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

Sistem Operasi Microsoft® Windows® XP
Prosesor 1.5GHz Intel® Pentium® 4 (dan yang sejenis) atau lebih tinggi
RAM 256 MB
Adaptor Video 1024x768 atau lebih tinggi dengan True Color
Kartu Suara kompatibel dengan DirectSound
Hard Disk setidaknya 500 MB

Instalasi

Proses instalasi sangatlah mudah. Ikuti langkah-langkah yang diminta oleh wizard installer RPG OJ (berbahasa Indonesia). Setelah proses selesai, Anda dapat segera mulai bermain RPG OJ.

Fitur

Fitur-fitur ini telah dijelaskan di forum Our Journey, namun akan dijelaskan kembali di sini untuk kenyamanan Anda.

1. Ukuran kelompok tidak dibatasi.

Pada beberapa kasus (tidak terjadi pada versi alpha ini), beberapa tokoh mungkin akan menawarkan diri untuk bergabung. Anda tidak memiliki batasan berapa tokoh yang diizinkan pada kelompok Anda. Pada awal permainan, Anda akan mendapatkan 21 tokoh (termasuk Zhaxmâr). Walaupun demikian, yang dapat bertarung secara aktif hanyalah 4 orang pertama pada kelompok Anda. Seperti dijelaskan nanti dalam cerita oleh Panglima Sèzhan, sisanya akan mendapatkan EXP secara merata, yang besarnya tergantung jumlah tokoh yang tidak aktif. Secara umum, EXP yang mereka peroleh adalah 1/(jumlah tokoh - 4). Sebagai contoh, pada Bab 9 nanti, tokoh inaktif akan mendapatkan 1/17 EXP. Karena itu, perlu diingat untuk mengganti tokoh aktif secara berkala untuk memberikan kesempatan level-up.

2. Ganti anggota kelompok sebelum bertarung.

Ganti anggota kelompok

Tokoh aktif (yang akan bertarung) dapat diganti sebelum bertarung, baik lewat menu maupun tepat sebelum suatu giliran dimulai. Mengenai bagaimana melakukannya akan dijelaskan nanti. Jika mengganti anggota kelompok pada saat bertarung, Anda tidak akan kehilangan giliran tersebut. Sangat berguna untuk menentukan strategi berikutnya.

3. Bala bantuan.

Bala bantuan

Normalnya, di RPG manapun yang mengizinkan anggota kelompok lebih dari 4, permainan akan berakhir jika seluruh anggota aktif mati. Di RPG OJ, hal itu tidak terjadi. Anda diberikan kesempatan lagi untuk menyusun 4 anggota aktif berikutnya. Permainan baru akan berakhir jika tidak ada lagi tokoh yang tersisa.

4. Waktu Gaia.

Dalam dunia RPG OJ, yang digunakan adalah waktu Gaia. Waktu ini cukup berperan penting dalam beberapa aspek dalam permainan, misalnya bonus yang didapat jika menyelesaikan tugas Vandhuln tepat waktu atau lebih cepat (bisakah?), monster yang muncul pada saat-saat tertentu saja (termasuk bos tersembunyi), dan banyak lagi. Layar juga akan berubah seiring pergantian waktu, jadi tidak terlalu disarankan menjelajahi dunia pada malam hari (selain monster juga bertambah banyak dan sering). Berikut zona waktu yang mungkin Anda perlukan untuk menjelajahi tempat-tempat tertentu:

Zona Waktu Pukul
pagi 06.00 hingga 10.59
siang 11.00 hingga 15.59
sore 16.00 hingga 18.59
malam 19.00 hingga 23.59
larut malam 00.00 hingga 03.59
subuh 04.00 hingga 05.59

Waktu Gaia dihitung berdasarkan waktu nyata dunia kita. Satu menit waktu Gaia adalah satu detik waktu dunia kita. Waktu dapat dipercepat dengan hal-hal tertentu, terutama tidur. Hanya saja, waktu tidur akan berbeda-beda, tergantung zona waktu saat itu. Silakan pelajari sendiri dan temukan berapa jam yang dihabiskan untuk tidur pada tiap zona waktu.

5. Level maksimal 300.

Sesuai dengan konsep awal RPN OJ, level maksimal yang dapat diraih pada RPG OJ adalah level 300. Karena ini, pada level awal seorang tokoh dapat saja memiliki ribuan HP (rata-rata 4000 HP) dan damage yang terjadi berada di kisaran ribuan. Jadi, pertimbangkan baik-baik dalam menghadapi suatu pertarungan.

6. Multi-equip.

Multi-equip

Perlengkapan suatu tokoh tidak dibatasi hanya senjata, armor, perisai, helm, dan aksesori seperti bawaan RMXP, namun ada slot-slot tambahan, seperti cincin, amulet, tangan kiri dan kanan (digunakan untuk beberapa senjata yang membutuhkan dua tangan), sepatu bot, dan lainnya. Ada juga item terkutuk (yang memang tidak ada tanda secara khusus, kecuali setelah dikenakan), jadi berhati-hatilah saat mendapatkan item baru. Untuk sedikit mempermudah permainan, beberapa senjata mengizinkan penggunanya menyerang lebih dari satu kali, walaupun dengan biaya-biaya tertentu.

7. Simpan di mana saja.

RPG OJ tidak memiliki save point seperti kebanyakan RPG pada umumnya. Ini dilakukan mengingat tingkat kesulitan RPG OJ agak tinggi, selain untuk mempermudah pemain meninggalkan permainan kapan saja tanpa harus bersusah payah mencari save point terlebih dahulu. Gunakan untuk menyimpan permainan sebelum menghadapi bos. Ada 99 slot yang tersedia, jadi tidak perlu khawatir.

8. Teknik IP.

Setelah menjadi ciri khas Lufia II dan seterusnya, kini teknik IP diperkenalkan kembali di RPG OJ. Kebanyakan teknik IP akan diperoleh dari perlengkapan, sesuai konsep dasarnya, namun beberapa lainnya dapat dipelajari, baik secara otomatis (melalui level-up) atau melalui quest tertentu. Gunakan IP sebaik-baiknya untuk menolong membasmi musuh lebih cepat atau menyembuhkan diri dari berbagai status merugikan.

9. Minimap.

Minimap

Di lokasi-lokasi tertentu (misalnya di World Map), sebuah peta mini akan muncul di pojok kanan bawah layar. Gunakan peta ini untuk membantu mengenali arah. Sementara tidak tersedia di kota. Pada kebanyakan DTS (dungeon, tower, shrine), peta tidak akan muncul sebelum pemain memiliki peta lokasi yang bersangkutan. Teknik kompas (seperti pada serial The Legend of Zelda) akan diterapkan kemudian jika dimungkinkan. Peta ini dapat diperbesar dengan menekan tombol tertentu (akan dijelaskan nanti). Untuk sementara, minimap tidak terpengaruh zona waktu, jadi manfaatkan sebagai bantuan saat menjelajahi suatu lokasi di malam hari.

Tombol-Tombol

Sebelum memulai permainan, ada baiknya mengenali tombol-tombol yang digunakan. Anda dapat menggunakan keyboard maupun gamepad yang memiliki minimal 8 tombol (disarankan yang mirip dengan gamepad SNES). Anda dapat mengatur pemetaan tombol dalam permainan dengan menekan tombol F1.

Tombol Fungsi Umum Keyboard Gamepad
A bervariasi* Z, Shift Button 1
B memanggil menu, membatalkan X, Esc, Num 0 Button 2
C konfirmasi C, spasi, Enter Button 3
X bervariasi* A Button 4
Y bervariasi* S Button 5
Z bervariasi* D Button 6
L halaman sebelumnya Q, Page Up

Button 7

R halaman berikutnya W, Page Down Button 8
pergerakan menggerakkan tokoh Arrow pad atau Num pad D-pad

*akan dijelaskan nanti.

Pengaturan umum permainan dapat diakses dengan menekan tombol F1. Mungkin akan keluar dalam bahasa Jepang (sehingga yang tidak mendukung tidak akan melihat apa-apa selain kotak-kotak atau karakter aneh). Tab pertama adalah tab General, tab kedua adalah tab Gamepad (untuk pengaturan tombol gamepad), dan tab ketiga adalah tab Keyboard (untuk pengaturan tombol keyboard).

Properties

1. Smooth Mode.

Aktifkan jika Anda memenuhi kebutuhan sistem yang disarankan. Dengan demikian, permainan akan berjalan lebih halus (40 FPS). Jika tidak, Anda harus puas dengan 20 FPS, namun ini sudah cukup memadai.

2. Reduce Screen Flickering.

Aktifkan untuk mengurangi kedipan pada monitor, namun proses penggambaran mungkin akan sedikit terganggu. Bergantung pada sistem Anda, aktifkan atau matikan opsi ini.

3. Play BGM and ME.

Pilihan ini dapat dimatikan agar BGM (Background Music) dan ME (Music Effects) tidak dimainkan.

4. Play BGS and SE.

Pilihan ini dapat dimatikan agar BGS (Backgroung Sounds) dan SE (Sound Effects) tidak dimainkan.

Tombol-tombol lain yang mungkin berguna adalah sebagai berikut: Alt+Enter untuk pindah ke mode windowed atau full-screen, Alt+F4 untuk menutup permainan dengan paksa, F12 untuk kembali ke menu utama.

Mulai Main!

Oke, setelah menyimak seluruh fitur dan tombol-tombol, Anda siap memainkan RPG OJ. Jalankan Game.exe. Anda akan melihat layar utama seperti berikut.

Tampilan utama RPG OJ

Sementara RPG OJ memang belum mempunyai logo sendiri, namun ini akan dibuat pada rilis-rilis berikutnya. Kecuali Anda pernah memainkan RPG OJ, pilihan Lanjut tidak akan tersedia. Di sini diasumsikan Anda baru memainkan RPG OJ untuk pertama kali. Pilih Baru. Anda akan disuguhkan layar pembuka yang berbeda, seperti berikut.

Tampilan setelah memilih Baru

Layar ini sebenarnya hanya sebagai tester dan mungkin akan dihilangkan pada rilis-rilis berikutnya, namun untuk saat ini Anda bebas memilih menu manapun. Pembuka akan menyajikan opening scene RPG OJ. Langsung main, sesuai namanya, akan membawa Anda pada permainan. Staf belum diimplementasikan, jadi jangan dipilih dulu. Kecuali Anda berubah pikiran, pilih Ke menu utama untuk kembali ke layar sebelumnya. Sekarang, silakan pilih Langsung main dan ikuti event-nya.

Setelah event pembuka selesai, kontrol belum sepenuhnya berpindah pada Anda, walaupun Anda sudah dapat mengendalikan Zhaxmâr. Karena waktu akan terus berjalan selagi Anda membuka menu, Panglima Sèzhan akan marah jika Anda tidur terlalu larut. Namun, jika diinginkan, Anda dapat mengeksplorasi tempat ini terlebih dahulu (walaupun sekarang Anda tidak dapat keluar dari markas). Karena itu, pergilah satu layar ke bawah (dari kantor) dan turuni tangga di ruangan itu. Anda akan sampai di klinik Monas Matria. Tempat tidur Anda terletak di bagian atas, ranjang paling kiri bawah. Tidurlah dahulu, dan ikuti event selanjutnya. Sekali lagi, ada batasan satu jam Gaia, maka ambillah barang-barang yang diperlukan (ada beberapa ramuan dan 1000 Qihl di pojok kiri atas ruangan), lalu segera keluar dari markas dan temui Panglima Sèzhan di halaman depan dan bicara padanya. Ia akan memberikan tugas pokok Zhaxmâr dan beberapa keterangan serta berbagai bekal. Jika diinginkan, eksplorasi Monas Matria sebelum Anda pergi; begitu tugas berjalan, Anda tidak disarankan kembali ke Monas Matria (walaupun sifat nakal Zhaxmâr mengizinkan Anda kembali ke kota itu).

Begitu keluar, Anda akan otomatis mendapatkan 20 tokoh tambahan, yang meliputi 5 Èlf, 5 Dwarf, dan 10 Söldia. Kini, kontrol ada sepenuhnya pada Anda, jadi saatnya mengenalkan diri pada menu. Tekan tombol B untuk memunculkan menu utama.

Menu utama

Menu ini terbagi menjadi dua bagian utama. Sebelah kiri adalah menu yang dapat Anda pilih, berikut keterangan-keterangan tambahan seperti Waktu main dan Waktu Gaia yang terus berjalan sekalipun Anda sedang berada pada menu ini, bab dan lokasi sekarang, serta jumlah uang yang Anda miliki. Untuk mempermudah, hanya mata uang Qihl yang digunakan pada permainan ini. Sebelah kanan adalah informasi umum seluruh tokoh yang Anda miliki, meliputi HP, MP, IP, level sekarang, EXP menuju level berikutnya, dan kondisi. Kita telaah satu per satu menu yang dapat Anda pilih.

Sekarang, pilih Item. Anda akan mendapatkan jendela seperti berikut.

Item

Sembilan ikon di atas menunjukkan pengelompokan item untuk mempermudah pencarian. Berturut-turut dari kiri adalah item biasa, item khusus, item kunci, peta, item yang mempengaruhi statistik, item yang mempengaruhi status, persenjataan, armor, dan semua item. Silakan pilih salah satu. Kini Anda dapat memilih item yang ingin Anda gunakan. Untuk menggunakan suatu item, tekan tombol C. Anda akan memilih tokoh mana yang ingin Anda kenakan item tersebut. Jika anggota kelompok Anda lebih dari 6 orang, segitiga kecil akan muncul. Gulir ke bawah untuk melihat anggota kelompok yang lain. Untuk menggunakan item, tekan tombol C. Untuk membatalkan, tekan tombol B.

Item

Saat memilih item, Anda dapat melihat informasi tambahan, jika tersedia. Untuk saat ini, beberapa item mungkin tidak memiliki keterangan lengkap, namun mereka akan ditambahkan pada rilis-rilis berikutnya. Untuk melihat keterangan lebih lanjut, tekan tombol A. Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

Keterangan item

Untuk keluar dari jendela ini, cukup tekan tombol B.

Keterangan Serang dg elemen, Serang dg status, dan Hilangkan status diwakilkan dengan ikon-ikon mini, untuk memperingkas tampilan. Berikut arti ikon-ikon tersebut (ikon-ikon ini mungkin dapat berubah di rilis-rilis berikutnya):

Ikon
Arti
AGL+
AGL+
AGL-
AGL-
Anr
Anr
ATP+
ATP+
Cönfus
Cönfus
DEX-
DEX-
Dorsthu
Dorsthu
Dâr
Dâr
Dârlír
Dârlír/Lírdâr
Dèathun-nun
Dèathun-nun
Éar
Éar
EVA+
EVA+
Fir
Fir/Hir
Frör
Frör
Gaiar
Gaiar
INT-
INT-
Ir
Ir
KO
KO
Lír
Lír
M Barrium
M Barrium/P Barrium
Nèr
Nèr
Plar
Plar
Pètrön
Pètrön
Pöisön
Pöison/Vènöm/Töxin
Silèn
Silèn
Spirita
Spirita
STR-
STR-
Stön
Stön
Thâr
Thâr
Wâr
Wâr
Zzz
Zzz
Ær
Ær

Sekarang, kita beralih ke menu berikutnya. Pilih Magi/Skill. Jendela ini kurang lebih sama seperti jendela Item, hanya saja yang didaftarkan di sini adalah seluruh magi dan skill yang dikuasai seorang tokoh.

Magi/Skill

Sama seperti jendela Item, saat memilih suatu magi/skill, Anda dapat melihat informasi lebih lanjut dengan menekan tombol A.

Jendela yang agak berbeda adalah jendela Perlengkapan. Silakan pilih menu ini.

Perlengkapan

Sebelah kiri adalah statistik tokoh sekarang, sementara ini baru tiga statistik yang tersedia. Sebelah kanan adalah perlengkapan sekarang, meliputi tangan kiri dan kanan, perisai, helmet, armor, aksesori, sarung tangan, sepatu bot, amulet, dan cincin. Senjata manapun dapat dikenakan di tangan kiri maupun tangan kanan, namun harap diingat bahwa perisai tidak dapat dikenakan jika kedua tangan sudah penuh. Beberapa senjata mungkin harus dipegang dengan kedua tangan; Anda dapat mengenali mereka dari namanya. Jika nama perlengkapan berwarna merah, itu tandanya perlengkapan tersebut terkutuk dan hanya dapat dilepaskan dengan item Zhalka yang dapat dibeli di toko-toko tertentu. Di sini, Anda dapat menekan tombol X untuk melihat informasi teknik IP yang dimiliki perlengkapan tersebut jika ada. Tekan tombol Y untuk menutup jendela informasi teknik IP.

Cobalah pilih salah satu slot. Kursor akan berpindah ke bagian bawah, dan Anda dapat memilih item yang akan dikenakan sang tokoh. Anda dapat melihat informasi lebih lengkap dengan menekan tombol A. Untuk melihat informasi teknik IP yang dimiliki perlengkapan itu, tekan tombol X pada jendela informasi. Untuk menutup jendela informasi teknik IP, tekan tombol Y. Tekan tombol B sekali lagi untuk menutup jendela informasi.

Kini kita beralih ke menu Status. Jendela status akan tampil, seperti berikut.

Status

Tidak ada yang terlalu spesial pada jendela ini, utamanya karena Anda tidak dapat memilih apa-apa. Untuk melihat status tokoh berikutnya, navigasi menggunakan tombol L dan R.

Menu Ganti akan mengizinkan Anda mengganti anggota kelompok. Perlu diingat bahwa hanya 4 tokoh pertama yang akan muncul dan aktif saat pertarungan, sehingga susunan tokoh ke lima dan seterusnya tidak akan memberikan pengaruh apa-apa. Tokoh yang akan muncul pada peta adalah tokoh yang Anda letakkan pada posisi pertama pada kelompok. Anda tinggal memilih tokoh yang ingin Anda ganti, kemudian tekan tombol C. Pilih tokoh yang akan menggantikannya, kemudian tekan lagi tombol C. Otomatis posisi kedua tokoh tersebut akan tertukar.

Menu Simpan akan sangat berguna saat Anda akan menghadapi saat-saat sulit. Pilih menu ini dan Anda akan mendapatkan tampilan seperti berikut.

Simpan

Anda memiliki 99 slot untuk menyimpan, walaupun mungkin tidak semuanya Anda gunakan. Pilih slot yang tersedia dan tekan tombol C. File sebelumnya akan langsung diganti dengan file yang baru tanpa konfirmasi, jadi pastikan Anda memilih slot yang tepat. Sebelah kanan menunjukkan informasi keempat tokoh aktif saat ini, waktu main, lokasi, dan sedikit tampilan peta yang menunjukkan posisi Anda saat itu.

Terakhir, menu Keluar memberikan Anda tiga pilihan:

Keluar

Ke judul akan membawa Anda ke judul utama, Keluar akan mengakhiri permainan tanpa menyimpannya (pastikan Anda sudah menyimpan permainan sebelum keluar), dan Batal akan membawa Anda kembali ke menu.

Kini, setelah familiar dengan menu, saatnya mengeksplorasi dunia RPG OJ! Pada bab ini hanya ada 4 lokasi yang tersedia: Kirnuth Élon sendiri, Gunung Örc (tidak semua area sudah tersedia, terutama area di luar konteks cerita bab 9, namun area ini akan dibuat di rilis berikutnya), Hutan Hitam (untuk versi 0.1, hutan ini masih cukup kecil), dan Kahn. Kebanyakan saat Anda berjalan di peta, Anda akan dihadapkan pada random encounter. Saatnya bertarung!

Battle!

Di awal pertarungan, Anda akan dibekali tiga pilihan: Serang untuk mulai menyerang, Ganti untuk mengganti anggota kelompok aktif, dan Lari untuk melarikan diri (tentu saja, kadang-kadang perintah ini gagal dilakukan atau justru tidak tersedia, khususnya dalam pertarungan bos). Pilih Serang.

Serang

Di sini Anda memiliki lima perintah. Pilih Serang untuk memilih target Anda. Pilh Magi/Skill untuk menggunakan magi, atau IP untuk menggunakan teknik IP. Perlu diingat bahwa magi dan skill membutuhkan MP sementara teknik IP membutuhkan IP. Pilih Bertahan untuk bertahan. Pilih Item untuk menggunakan item. Jika memungkinkan, pilihan Serang, Magi/Skill, IP, dan Item akan meminta Anda memasukkan target serangan.

Pilih target

Gunakan bantuan segitiga kuning yang berkedip-kedip untuk menentukan target Anda. Konfirmasi dengan menekan tombol C. Fokus akan berpindah pada tokoh berikutnya. Lakukan hal yang sama untuk tokoh-tokoh lainnya. Begitu perintah tokoh ke empat telah diberikan, pertarungan akan otomatis dimulai. Ingat bahwa urutan tokoh tidak mempengaruhi urutan giliran mereka pada pertarungan; yang berperan adalah AGL. Urutan giliran pun tidak selalu sama pada tiap giliran, jadi hati-hati dalam menentukan perintah.

Kini Anda siap untuk memainkan RPG OJ. Selamat bermain!

PMP3K

Bagian ini akan menjawab seluruh pertanyaan yang telah diajukan maupun yang belum diajukan namun dirasa perlu untuk dikemukakan.

T: Ada error muncul, katanya File/Direktori X - File tidak ditemukan. Kenapa hal ini bisa terjadi?
J: Kecuali tim OJ teledor dalam penamaan maupun peletakan file dan direktori, Anda mungkin memindah file-file atau direktori yang diperlukan oleh permainan ini. Saran kami, jangan sentuh mereka kecuali Game.exe, satu-satunya file yang dapat Anda jalankan. Lebih baik lagi, jalankan RPG OJ melalui shortcut pada Start Menu yang diciptakan otomatis oleh installer RPG OJ.

T: Ada error muncul, penuh tanda tanya. Apa yang terjadi?
J: Ini mungkin timbul karena kesalahan skrip pada permainan. Tim OJ telah mengetes semua skrip dan semestinya berjalan dengan baik, namun jika Anda menemukan error, harap beri tahukan tim OJ pada alamat di bawah.

T: Saya tidak menemukan item/orang/lokasi/... (isi sendiri) X. Apa memang mereka tidak ada?
J: Karena rilis ini masih dalam tahap alpha, beberapa elemen mungkin tidak ada (belum dibuat). Tunggu rilis berikutnya untuk masalah ini.

T: Saya ingin mempelajari source code RPG OJ. Bisakah?
J: Bisa, asalkan Anda memiliki RPG Maker XP, versi apapun. Versi trial 30 hari dapat diperoleh dengan mudah di situs Enterbrain http://www.enterbrain.co.jp atau cari di Download.com. Otomatis Anda terikat pada Syarat dan Ketentuan tim OJ untuk mempelajari RPG OJ.

T: Saya ingin berpartisipasi dalam pembuatan RPG OJ. Bisakah?
J: Tentu saja bisa, bahkan partisipasi Anda sangat ditunggu! Hubungi kami pada alamat-alamat di bawah untuk keterangan lebih lanjut.

T: Mengapa Hutan Hitam tidak terbakar seperti dalam cerita?
J: Untuk sementara Hutan Hitam memang belum "dibakar" sesuai cerita. Akankah Hutan Hitam benar-benar terbakar pada akhirnya? Tunggu rilis berikutnya.

T: Kapan rilis RPG OJ berikutnya keluar?
J: Tim OJ, bahkan Èxsharaèn sendiri, tidak dapat memastikan kapan rilis RPG OJ berikutnya keluar. Silakan terus ikuti perkembangan RPG OJ di forum RPGFID.

PERLIPA (Persetujuan Lisensi Pengguna Akhir)

Dengan mengunduh RPG OJ, Anda terikat dan setuju atas pernyataan-pernyataan berikut:

1. RPG OJ didistribusikan secara gratis khusus untuk pengunjung RPGFID dan anggota forum RPGFID. RPG OJ dapat didistribusikan ulang dalam kondisi RPG OJ tidak boleh diedit, baik sebagian maupun seluruhnya, diakui karya sendiri alih-alih karya tim Our Journey, maupun didistribusikan pada media komersial (seperti bonus CD pada majalah tertentu) maupun dijual. Untuk distribusi pada media komersial, harap hubungi tim Our Journey.

2. RPG OJ tidak memiliki hubungan pada media apapun (kecuali RPGFID sendiri) dan pada perusahaan game apapun.

3. RPG OJ dapat dipelajari dengan ketentuan RPG OJ tidak boleh diedit (khusus peta dan database). Skrip dan seluruh gambar diambil dari milik umum, karena itu skrip dan kebanyakan gambar pada RPG OJ boleh diambil untuk keperluan pribadi.

4. Seluruh bagian pada RPG OJ, meliputi nama, logo, opening scene, ide cerita, dan seluruh elemen, termasuk seluruh bagian pada RPN OJ, meliputi nama, logo, jalan cerita, tokoh, dan seluruh elemen, adalah hak cipta tim Our Journey. Dilarang menggunakannya untuk tujuan apapun maupun dengan cara apapun tanpa seizin tim Our Journey.

5. RPGFID, nama, logo, artikel, dan seluruh elemen, adalah hak cipta RPG Fantasy Indonesia. Dilarang menggunakannya utuk tujuan apapun maupun dengan cara apapun tanpa seizin RPGFID.

6. Jika di kemudian hari Anda terbukti melanggar Syarat dan Ketentuan ini, tim Our Journey maupun RPGFID berhak melakukan tindakan serius, baik secara kekeluargaan maupun secara hukum, secara sepihak sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Hak cipta dilindungi undang-undang.

RPG Our Journey © 2004, 2006 Tim Our Journey, RPGFID. All rights reserved.

RPN Our Journey © 2003, 2004 Tim Our Journey, RPGFID. All rights reserved.

RPG Fantasy Indonesia (RPGFID) © 2003, 2004 RPGFID. All rights reserved. Design © 2006 by Èxsharaèn, Pegaweb tutorials. www.pegaweb.com.

Credits

Ide cerita Èxsharaèn

Penggambar peta Èxsharaèn, Dhran

Programmer Èxsharaèn
dengan dukungan skrip dari anggota RMXP.net dan RMXP.org
SephirothSpawn - squall - Trickster - Guillaume777 - Near Fantastica - KGC - Dubealex - Adrianmati - Me™ - David - ccoa - dan semua scripter yang mungkin lupa disebutkan di sini

Grafik (tileset, battle animation, battler, dll.)
Inquisitor - Kaeru-sama - Arcanum - phanxgames.com - Naramura - Big Billy - Hyptosis - Tana - grave - Thalzon

Musik (BGM, BGS, ME, SE)
RMXP.net - RMXP.org

Event Tim Our Journey

Dibuat menggunakan RPG Maker XP oleh Enterbrain
www.enterbrain.co.jp

Buku manual ini ditulis menggunakan Macromedia Dreamweaver 8. www.macromedia.com. www.adobe.com.

Hubungi tim Our Journey dan RPGFID pada alamat-alamat berikut.

Jl. Rungkut Mejoyo Selatan I/10 Surabaya 60293 INDONESIA

Contact person: Èxsharaèn +628563071596

http://www.geocities.com/rpgfantasy_id/

http://www.rpgfantasyid.co.nr

http://rpgfantasyid.forumer.com

rpgfantasy (underscore) id (at) yahoo (dot) com

hoshiro (dot) exsharaen (plus) oj (at) gmail (dot) com

Ditulis pada 27 Mei 2006 oleh Èxsharaèn.

Tim Our Journey dan RPGFID:

Èxsharaèn - Stãsh - Dhran - Darryl