Logo RPGFID

Legend of Zelda: Adventure of Link
(Zelda no Densetsu: Link no Bouken)
1987

RPGFID > Dunia Impian > Legend of Zelda > Legend of Zelda

<updated! 08/02/2006>

Tampilan awal

Legend of Zelda: Adventure of Link (AoL) adalah lanjutan dari seri sebelumnya, masih dalam lingkup konsol NES. AoL menawarkan konsep baru LoZ yang membuat game ini menjadi lebih menarik dan jauh lebih menantang. Seperti apa konsep baru ini?

The Story Continues...

Setelah Link menyelesaikan petualangannya melawan Ganon, Link mendapat kabar dari Impa (yang memainkan OoT duluan pasti tahu siapa dia) bahwa Zelda terkena guna-guna yang membuatnya tidur untuk selamanya. Untuk mematahkan guna-guna itu, Link harus berpetualang di seluruh penjuru Hyrule, mencari 6 palace dan menyegel 6 kristal yang ada di dalamnya. Setelahnya, Link harus mengalahkan Thunderbird, dalang di balik semuanya. Selesaikah sampai di situ?

System

AoL menawarkan sistem yang cukup berbeda dengan LoZ sebelumnya. Kini, kamera akan menyorot Link dari samping. Jadi, Link akan berpetualang secara side-scrolling. Kamera hanya akan mengambil gambar Link dari atas saat Link berada di World Map (ingat sekali lagi, istilah World Map tidak ada di LoZ). Dengan sudut pandang samping ini, apa yang semula mustahil dilakukan di LoZ dapat dilakukan di AoL: membuat Link melompat, berpedang ke arah kiri dan kanan bahkan atas dan bawah (bukan samping kiri-kanan-atas-bawah seperti di LoZ), menjadi peri dan menyeberangi lautan lava, dan banyak lagi.

Sihir pertama kali masuk ke dalam LoZ melalui AoL. Kini, Link juga memiliki HP dan MP yang ditandai dengan grafik batang di atas layar (malah jadi terlihat aneh, karena ciri khas hati sebagai penanda Life Link menghilang). Untuk mengisi Life, simbol hati digantikan dengan botol ramuan berwarna merah, sementara botol ramuan biru untuk mengisi kembali MP. Konsep ini sepertinya mendekati konsep RPG dengan sistem giliran (semacam Final Fantasy I waktu itu), dan mulai dipakai di generasi LoZ berikutnya.

Selain HP/MP, AoL mengusung sistem statistik dan EXP, sesuatu yang jarang diadakan dalam action RPG. EXP didapat berupa kantung EXP saat mengalahkan musuh (atau life potion atau magic potion, jika beruntung), dan besarnya bervariasi, antara 1 hingga 200. Namun, tidak semua musuh menjatuhkan kantung EXP ini. Selain itu, ada pula musuh yang mencuri EXP. Nah, saat Link telah mencapai EXP tertentu, ia akan diberikan pilihan untuk meng-upgrade attack, defense, atau magic. Tiap pilihan hanya tersedia 8 level. Setelah memilih, EXP Link akan dikurangi dengan EXP yang dibutuhkan untuk upgrade. Jadi, misalkan Link memiliki 200 EXP, dan ia memilih untuk upgrade defense ke level 2 (yang membutuhkan 200 EXP), EXP-nya akan kembali ke nol. Ini yang mungkin cukup mengesalkan, karena benar-benar membutuhkan kesabaran untuk meng-upgrade semuanya ke level maksimum, belum lagi ditambah musuh yang rata-rata cukup kuat di tiap palace.

Mengenai sihir, total ada 8 sihir yang, bisa ditebak, membutuhkan MP. Semakin tinggi level magic Link, semakin sedikit MP yang dibutuhkan. Kedelapan sihir ini tidak didapat melalui level-up. Sebagian didapat dari tetua-tetua yang ada di beberapa desa, dan biasanya Link harus melakukan sesuatu sebelum mendapatkannya. Sebagian lagi didapat dari item khusus.

Satu lagi hal yang berbeda, kini tiap palace tidak memiliki penomoran seperti yang dilakukan di LoZ sebagai penanda tingkat kesulitan. Walaupun begitu, Link tetap akan menyelesaikan tiap palace secara urut, karena palace yang lebih tinggi tingkat kesulitannya biasanya meminta item atau sihir tertentu untuk menjangkau suatu daerah. Misalnya, sihir Fairy yang dapat mengubah Link menjadi peri untuk satu screen agar ia dapat menyeberangi lautan lava tanpa jembatan.

Wah, kelihatannya sulit. Memang. Menurut Èxshan, AoL adalah LoZ ketiga tersulit setelah OoT dan MM. Rata-rata musuh dalam palace benar-benar kuat, sehingga diperlukan attack/defense/magic yang cukup tinggi untuk menghadapinya, selain pilihan terakhir: kabur. Untuk mengatasi hal ini, kini Link diberi tambahan 3 nyawa, sehingga saat Life-nya habis, ia bisa mengulang di tempat ia masuk screen tempat ia mati. Nah, kalau nyawanya habis, gimana? Ini yang mungkin cukup mengesalkan. Di mana pun Link tewas (Game Over), ia akan selalu dikembalikan ke start point awal permainan, yaitu (walaupun tidak bisa dibilang demikian) Hyrule Palace. Perkecualian ada di palace terakhir, yaitu palace tempat Thunderbird berada (untung...), sekalipun jalan menuju ke sana luar biasa sulitnya (waduh...). Jika Link tewas di dalam palace terakhir, ia akan mulai lagi di awal palace.

Mengenai palace terakhir, mungkin yang pernah kesal dengan level Death Mountain (level 9) di LoZ karena berulang kali tersasar atau kembali ke pintu masuk harus siap-siap menghadapi hal yang kurang lebih sama. Palace terakhir ini jauh lebih membingungkan, terlebih lagi (satu hal yang menghilang dari LoZ) tidak ada peta dan kompas. Siap-siap menggambar peta sendiri kalau berulang kali tersasar (atau mungkin tidak bisa keluar?).

Setelah menghadapi petualangan panjang, akhirnya Link harus menghadapi Thunderbird. Sanggupkah ia melawannya? Apa yang menanti setelahnya?

Overall

Sistem baru LoZ ini bisa dikatakan menjadi daya tarik AoL, bersama dengan tingkat kesulitannya (masih wajar kok untuk tingkat NES yang game-game-nya terkenal sulit-sulit). Bagi penggemar LoZ, game yang satu ini tidak layak untuk dilewatkan begitu saja. Nah, bagi yang penasaran, tunggu screenshot-nya ya...

Copyright © 2003, 2004 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

Legend of Zelda: Adventure of Link adalah © dan ™ 1987 Nintendo.

Screenshots yang tercantum dalam halaman ini hanyalah untuk peraga dan penjelas. Dilarang mengkopi, mereproduksi, atau menyebarluaskan screenshot yang ada dalam halaman ini dengan tujuan apapun.