Logo RPGFID

Our Journey 20.240

Versi

RPGFID > Dunia Lain > RPN > OJ > UiL
Halaman utama | Cerita | Tokoh | Guard-i-ru | Statistik | Elemen | Líghtran | Karsh | Universa i Lingua | Staff | Tales of the Untold Journey | RPG OJ | Combo i Magus | Versi

<updated! 08/02/2006>

Mungkin mereka yang tertarik memiliki Our Journey namun masih belum memilikinya merasa bingung. Di edisi lalu, Our Journey masih 17.178. Sekarang, kok sudah 18.185? Apa yang membedakannya dengan yang lama?

Memang, untuk sementara ini, karena distribusi OJ agak terganggu, efeknya belum bisa dirasakan secara penuh. Apalagi, yang didistribusikan selalu adalah versi terbaru. Namun, sebenarnya, OJ sudah mengalami evolusi sejak versi pertamanya hingga kini. Nah, selagi menunggu perbaikan pada rilis OJ, silakan simak dulu penjelasan tentang versi-versi OJ.

Penomoran OJ terbagi menjadi dua. Dua angka pertama (sebelum titik desimal) adalah nomor versi. OJ naik versi jika perubahan yang dilakukan di dalamnya dianggap cukup signifikan dan berpengaruh pada OJ secara umum. Misal, jika dulu bahasa Inggris masih mendominasi di sana-sini, kini bahasa Indonesia dan UiL sudah mulai menggantikan, sehingga versi OJ bertambah satu. Sementara itu, tiga angka sisanya (di belakang titik desimal) adalah angka pengeditan. Satu angka akan ditambahkan jika OJ diedit, sesedikit apapun itu, kecuali pengeditan untuk distribusi (yang kalian terima dengan naskah aslinya memiliki sedikit perbedaan). Bahkan, kalau hanya satu huruf saja yang diganti, angkanya akan bertambah satu.

Nah, yang akan dipaparkan dalam artikel ini hanyalah angka versi, untuk memberi informasi akan perjalanan panjang OJ sehingga OJ dapat menjadi seperti sekarang ini.

1.xx

Versi ini adalah versi perdana OJ. Waktu itu, ceritanya cukup aneh dan berbeda jauh dengan cerita sekarang. Èxshan sebagai penulis utama masih menulisnya dengan tangan (entah di mana teks aslinya sekarang). Akhirnya, cerita tidak pernah dilanjutkan. OJ belum dirilis sama sekali, walaupun Èxshan sudah bergabung dengan RPCom.

2.xx

Versi ini menggantikan pendahulunya, yang akhirnya menjadi landasan OJ sekarang. Bagian Prolog, pengenalan tokoh-tokoh (yang waktu itu hanya ditujukan untuk kru RPCom yang memiliki tokoh di OJ), mulai dibuat. Saya masih ingat Èxshan pernah bercerita kalau ia menulis cerita OJ di sela-sela istirahat sekolahnya dulu. Naskah aslinya kini masih dipegang Stãsh. Sayang, OJ masih juga belum dirilis oleh RPCom. Hanya beberapa kawannya saja, termasuk Stãsh, yang mendapatkan rilis OJ ini.

Di versi ini, sempat terjadi bencana besar yang nyaris melenyapkan OJ. Saat Èxshan mencoba upgrade sendiri dari Win98 ke XP Home, terjadi suatu kesalahan, yang menyebabkan seluruh data (terutama MS Office, termasuk OJ dan naskah novelnya yang satu lagi) hilang. Untung saja, Stãsh memiliki salinannya, sehingga OJ dapat terus berjalan.

3.xx

Konflik intern, termasuk tidak dirilisnya OJ, membuat Èxshan keluar dari RPCom. Otomatis, OJ juga bukan lagi milik RPCom. Mengatasi kekosongan ini, Èxshan membentuk RPG Fantasy (belum ada tambahan Indonesia waktu itu). Tokoh-tokoh yang dulunya adalah nama kru RPCom terpaksa diubah semua, kecuali Èxshan dan Stãsh yang akhirnya juga bergabung dengan RPG Fantasy. Karena waktu itu situsnya belum ada, OJ masih rilis intern ke Stãsh saja.

4.xx

Bab-bab baru mulai bermunculan, yang berakibat mekarnya ukuran OJ, karena saat itu seluruh bab masih berada pada dokumen yang sama dengan halaman utama OJ. Karenanya, Èxshan mencoba mencari solusi. Salah satunya adalah cara master/subdokumen, yang mengizinkan satu dokumen dipecah-pecah menjadi beberapa subdokumen. Itulah pertama kalinya satu bab memiliki dokumen sendiri, yang masih terhubung dengan halaman utama.

5.xx

Masalah timbul saat OJ ingin didistribusikan. Ternyata, master dan subdokumennya tidak dapat dipindahkan begitu saja. Jika masternya dipindah, seluruh subdokumen harus juga dipindah dan di-rename. Karena dirasa sangat merepotkan, akhirnya sistem ini dilepaskan dan OJ dibagi-bagi ke dalam dokumen-dokumen biasa.

6.xx

Tema Our Journey mulai ditulis dan dimasukkan ke dalam tubuh OJ. Pada waktu itu, pengeditan di dokumen ini juga mempengaruhi angka pengeditan OJ.

7.xx

Pada bagian Prolog versi-versi sebelumnya, Èxshan memberikan gambaran awal statistik para tokoh. Setelah dokumen penghitung statistik dibuat, ternyata banyak sekali yang tidak cocok. Maka, tim OJ memutuskan menghapuskan statistik awal, kecuali level. Dalam perkembangan berikutnya, nilai nyata statistik sudah nyaris tidak pernah disinggung lagi; suatu perkembangan yang cukup bagus, menandai bahwa OJ bukan lagi RPG yang ditulis menjadi novel, melainkan RPN itu sendiri.

Kerancuan pengertian HP (Health Point) dengan VIT (Vitality) yang kebetulan sama, menunjukkan tingkat kesehatan seseorang menyebabkan Èxshan memutuskan mengubah pengertian HP menjadi, senormal pengertian HP dalam RPG, Hit Point, yang menunjukkan seberapa kuat seseorang mampu menahan serangan.

Sistem hidup/mati dalam OJ dulunya tergantung pada HP, STR, dan VIT. Jika ketiga-tiganya nol, seseorang dinyatakan mati. Namun, Èxshan punya ide lain untuk menyatakan kematian: LP atau Life Point. Nah, waktu itu, perdebatan masih terjadi di dalam tim OJ mengenai perlunya LP untuk ini.

Halaman daftar isi OJ berubah menjadi seperti sekarang. Kini, tiap bab akan memiliki keterangan mengenai jumlah halaman, dengan pengaturan kertas letter (8.5"x11") dengan batas-batas atas-bawah 2,54 cm dan kiri-kanan 3,14 cm. Ini dilakukan untuk mempermudah seseorang mengetahui apakah sebuah bab masih berkembang lagi atau tidak. Ada yang mau mencetak OJ?

8.xx

Setelah perdebatan panjang, akhirnya term LP ditambahkan. Update pun disarankan pada bab 2, yang memang menjelaskan statistik yang digunakan pada OJ.

Kesalahan musim terjadi pada cerita OJ, mulai bab 12. Ada empat musim di Gaia, dengan pengaturan yang agak berbeda dengan iklim sedang di dunia kita. Hanya saja, musim semi dimulai bulan pertama hingga bulan ketiga; begitu seterusnya. Jadi, bulan ketujuh adalah musim gugur. Namun di beberapa bab, tertulis musim panas (bab 16 yang bermasalah pertama kali waktu itu). Perbaikan pun dilakukan.

9.xx

Penjelasan Universa i Lingua mulai lahir dan hadir pada versi ini. Dulu, Matthew Parkinson sebagai penanggung jawab UiL sudah membuat hal serupa pada Rèctannian, namun dokumennya hilang. Akhirnya, ia memutuskan berkonsentrasi pada UiL (dan memang akhirnya Legend of Rèctannia, termasuk bahasanya, hilang untuk selamanya). Perubahan pada dokumen UiL tidak mempengaruhi nomor OJ.

10.xx

Mini-game pertama mulai ditambahkan, khususnya ke bab 19. Mini-game ini dimainkan secara manual, baik sendirian atau beramai-ramai. Bahkan, mini-game ini bisa dikembangkan lagi. Èxshan sempat berencana membuat progamnya, namun waktu tidak memungkinkan.

Statistik Hoshiro dkk., setelah dianalisis dengan dokumen statistik, akhirnya kelar juga. Statistik tokoh-tokoh lainnya juga sedang digarap. Jangan berpikiran statistik ini dibuat dengan software khusus semacam SPSS, tim OJ melakukannya hanya dengan manipulasi MS Excel biasa.

Di versi ini juga OJ memasuki angka pengeditan 100: sebuah perjalanan panjang yang telah ditempuh OJ sehingga sampai ke bab 19.

11.xx

Aturan combo i magus, yang akhirnya juga dirilis di situs ini, mulai ditambahkan. Mungkin Èxshan melakukannya selagi menunggu krisis ide berakhir. Toh, ide combo i magus yang dilontarkannya rupanya cukup menarik juga.

Pengeditan pada tema OJ tidak akan lagi berpengaruh pada penomoran OJ. Ini dilakukan setelah ada anggota tim yang protes: "Mana nyambung???"

12.xx

Èxshan memulai penulisan buku Vandhuln Prophecy: The Most Inevitable Future yang berisi seluruh Ramalan Vandhuln hingga bab 50. Ini dilakukan setelah bab 24, menyadari bahwa di dalam cerita buku itu disebutkan. Memang, sejauh ini ia baru sempat menuliskan bab 45 dan 46b. Namun, buku ini akan tetap disiapkan untuk mempertegas alur cerita OJ, terutama seluruh kejadian sebelum alur cerita OJ bergulir. Mungkin ia juga akan digunakan untuk menulis prekuel OJ nantinya.

Dengan kehadiran buku ini, Ramalan Vandhuln 45 yang semula dimasukkan dalam tema mulai dipindahkan ke sana.

13.xx

Kemacetan cerita OJ pada bab 24 rupanya tidak membuat OJ berjalan di tempat. Apalagi, situs RPG Fantasy Indonesia sudah hadir pada masa itu. Plus, satu tambahan tokoh baru, Dhranèff, mulai dimasukkan. Untuk memperkuat RPG Fantasy Indonesia, tim OJ memutuskan untuk mempersiapkan rilis perdananya. Maka, pengembangan bab 25 ditunda dulu, dan fokus beralih pada bab-bab awal. Istilah-istliah bahasa Inggris mulai diganti dengan bahasa Indonesia, bahkan kalau perlu, UiL. Kesalahan eja dan grammar juga diminimalkan. Nama-nama magi juga diperbaiki, terutama setelah muncul aturan tata nama magus. Yang tersisa hanyalah nama-nama status yang masih berbahasa Inggris.

14.xx

Terdesak kebutuhan bab 31, karena Èxshan merasa kesulitan merancang sebuah tower sendirian, akhirnya ia membentuk satu tim baru: DTS Team. DTS sendiri adalah singkatan dari Dungeon, Tower, and Shrine. Tim ini memang khusus bertugas membangun sebuah DTS: mulai dari perancangan awal, arsitektur, event, monster dan boss, item, jebakan, dan banyak lagi.

15.xx

OJ lagi-lagi terancam hilang. Maka, Èxshan memutuskan menulisnya ke dalam sebuah buku tulis secara manual alias tulis tangan. Sampai sekarang, ia baru menyelesaikan sejauh bab 4. Selagi menulis, ia juga sekaligus mengedit bab-bab awal, termasuk mengganti istilah-istilah bahasa Inggris yang tersisa, memberikan keterangan-keterangan tambahan, menghapus hal-hal yang tidak perlu (di bab 4 ia memutuskan menghilangkan contoh sistem real-time battle karena dirasa sangat tidak masuk akal), dan banyak lagi. Pada versi buku, Chapter One ditulis Chapter 1, dan seterusnya. Ide ini pada akhirnya akan diterapkan juga pada versi elektronik.
Daftar tokoh (cast) mulai tersedia pada versi ini, walaupun saat itu masih belum lengkap.

16.xx

Tampilan serupa halaman Sejarah pada situs ini juga mulai ditambahkan ke halaman utama OJ, supaya pembaca tidak kebingungan mengenai perubahan-perubahan apa saja yang sudah terjadi pada OJ sekarang. Sejarah ini dikeluarkan tiap nomor versi agar tidak kepanjangan.

17.xx

Versi ini memberikan banyak perubahan pada OJ, terutama setelah terjadi kecelakaan kecil lagi pada komputer Èxshan. Untung saja tidak hilang lagi...

Saat menulis bab 27, tim OJ sempat mengalami kebingungan untuk menentukan kapan makhluk undead (saat itu, zombi) mati jika hanya ada LP (yang menunjukkan jumlah darah, waktu itu). Logikanya, zombi mati jika tubuhnya sudah tidak kuat lagi menahan luka, tidak harus darahnya habis (ingat kan di Bio Hazard, saat membunuh zombi darahnya akan meluber di lantai, namun zombinya sendiri masih bisa bergerak-gerak). Andaikan tubuhnya tercerai berai sementara darahnya masih ada, seekor (kok seekor sih?) zombi juga akan mati. Kalau roh, mereka kan tidak memiliki darah. Alangkah anehnya roh mati kalau darahnya habis. Nah, karena alasan ini, pengertian jumlah darah kini dipegang statistik baru: BP atau Blood Point. LP sendiri sekarang merujuk nyawa suatu makhluk. Kalau LP habis, sekalipun statistik lain masih penuh, ia akan mati. Atas pengertian baru ini, bab 27 terkena imbas paling parah, karena memang LP baru digunakan secara nyata di bab ini.

Setelah kecelakaan itu, beberapa font menghilang. Oleh karena itu, sekaligus mengganti font yang dulu digunakan menulis UiL namun merancukan penulisannya (terutama i dengan í), pengecekan ulang terhadap seluruh bab pun dilakukan. Hasilnya, kini OJ sudah bebas dari bahasa Inggris. Pada tiap dokumen, kini pada header diberikan keterangan mengenai bab berapa yang sedang dibaca agar kalian tidak perlu mencari-cari lagi. Khusus penulisan UiL, tim OJ terpaksa menggantinya dengan font yang sudah usang dan kaku namun dianggap lebih cocok daripada font lainnya: Times New Roman.

18.xx

Karena Èxshan pergi (setelah kejadian di YGOCI), pembuatan OJ terpaksa dihentikan sementara, walaupun saya sudah sedikit-dikit mempunyai ide untuk bab 26 yang selama ini dihindarinya (mungkin memang lebih baik begitu, jangan dia sendiri yang menulis babnya). Sementara itu, saya memutuskan untuk mencari cara mengubah OJ dari bentuk DOC menjadi PDF, dan akhirnya saya menemukannya. Sekarang ini, OJ versi rilis akan diubah menjadi format PDF untuk mempermudah distribusi sekaligus alasan sekuritas. Untuk sementara, OJ yang sudah ada di situs ini akan dibiarkan apa adanya.

Selain itu, untuk memenuhi permintaan salah satu anggota YGOCI, atas izin tim OJ dan Èxshan sendiri, saya sedang menyiapkan OJ versi forum. OJ ini akan tampil di forum YGOCI secara bersambung. Untuk mengakses, mutlak dibutuhkan keanggotaan forum dan diwajibkan menghubungi saya via PM untuk mendapatkan password menuju board OJ. Member pun harus menyetujui untuk tidak mendistribusikan ulang dalam bentuk apapun maupun untuk alasan apapun. OJ versi forum inipun tidak akan dianggap sebagai OJ itu sendiri, dan masih disarankan untuk memiliki OJ versi rilisnya. Untuk sementara, yang akan ditampilkan dalam OJ versi forum adalah seluruh bab pembuka dan 3 bab awal milik Zhaxmâr.

19.xx

Atas ketidakjelasan beberapa cerita dalam OJ (misal pada bab 26, alasan Karl meninggalkan kelompok tidak jelas), tim OJ memutuskan menyiapkan satu side-novel yang akan diberi judul Tales of the Untold Journey (TotUJ). TotUJ akan menjawab beberapa pertanyaan yang sengaja dibiarkan tidak terjawab di OJ. Selain itu, TotUJ juga akan membeberkan sedikit kisah dari Our Journey II, masa lalu para tokoh sebelum OJ, dan banyak lagi. TotUJ ini sendiri masih belum ditulis dan belum akan dirilis dalam waktu dekat. Tunggu kabar berikutnya.

Simulasi battle Our Journey, yang semula tidak disentuh sama sekali walaupun perumusannya sudah ada, mendadak dikerjakan oleh salah satu anggota tim yang memang berbakat dalam dunia pemrograman, Icy Stanley Dermann. Ia berhasil menyelesaikan simulasi untuk serangan fisik dalam waktu hanya dua hari di sela-sela kesibukannya yang lain. Simulasi serangan magi ditunda karena sistem yang ada ternyata kurang cocok. Simulasi ini memang belum didistribusikan untuk umum karena masih agak acak-acakan dan Èxshan hendak menambahkan fitur-fitur baru, seperti penyimpanan tokoh yang sudah dibuat, simulasi battle yang sesungguhnya dalam kelompok, dan banyak lagi.

OJ Forum pindah alamat karena forum YGOCI juga pindah alamat.

20.xx

Setelah cukup lama tidak mengalami perubahan, mendadak Èxshan melakukan perubahan besar-besaran. Seluruh bab diganti font-nya menjadi Georgia dengan ukuran 12, dan kini spasi menjadi 1,5. Ini dilakukan atas fakta yang Èxshan temukan bahwa tulisan semacam Times New Roman ternyata membuat orang lebih cepat membaca (dan membedakan huruf) ketimbang tulisan semacam Arial. Pilihan pun jatuh pada font Georgia, yang rupanya mirip dengan font pada deskripsi kartu YGO TCG. Mengenai spasi, kini jaraknya diperlebar karena menurut Èxshan, spasi 1 terlihat rapat-rapat untuk huruf Georgia sehingga membacanya tidak nyaman. Akhirnya, sistem itu juga diterapkan di situs ini, walaupun beberapa halaman akan tampak lebih panjang dibanding sebelumnya ^_^"

Apakah akan ada lagi versi terbaru OJ dalam waktu dekat? Tunggu kabar berikutnya!

Copyright © 2004 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

Our Journey © 2003, 2004 Our Journey team. All rights reserved.