Logo RPGFID

RPG OJ alpha 0.2

RPGFID > Dunia Impian > RPG OJ alpha 0.2

Halaman utama | Cerita | Sistem | Buku Manual | PMP3K | Walkthrough | Unduh!
Persyaratan minimum | Fitur-fitur

<baru! 22/02/2007 by Èxsharaèn>

Fitur-Fitur

Ini sudah dijelaskan di forum Our Journey dan buku manual, namun bagi yang belum pernah ke forum (disarankan segera gabung ya!) dan belum mengunduh (disarankan segera mengunduh ya!) dan ingin tahu fitur-fitur RPG OJ, berikut daftarnya.

1. Ukuran kelompok tidak dibatasi.

Pada beberapa kasus (tidak terjadi pada versi alpha ini), beberapa tokoh mungkin akan menawarkan diri untuk bergabung. Anda tidak memiliki batasan berapa tokoh yang diizinkan pada kelompok Anda. Pada awal permainan, Anda akan mendapatkan 21 tokoh (termasuk Zhaxmâr). Walaupun demikian, yang dapat bertarung secara aktif hanyalah 4 orang pertama pada kelompok Anda. Seperti dijelaskan nanti dalam cerita oleh Panglima Sèzhan, sisanya akan mendapatkan EXP secara merata, yang besarnya tergantung jumlah tokoh yang tidak aktif. Secara umum, EXP yang mereka peroleh adalah 1/(jumlah tokoh - 4). Sebagai contoh, pada Bab 9 nanti, tokoh inaktif akan mendapatkan 1/17 EXP. Karena itu, perlu diingat untuk mengganti tokoh aktif secara berkala untuk memberikan kesempatan level-up.

2. Ganti anggota kelompok sebelum bertarung.

Ganti anggota kelompok

Tokoh aktif (yang akan bertarung) dapat diganti sebelum bertarung, baik lewat menu maupun tepat sebelum suatu giliran dimulai. Mengenai bagaimana melakukannya akan dijelaskan nanti. Jika mengganti anggota kelompok pada saat bertarung, Anda tidak akan kehilangan giliran tersebut. Sangat berguna untuk menentukan strategi berikutnya.

3. Bala bantuan.

Bala bantuan

Normalnya, di RPG manapun yang mengizinkan anggota kelompok lebih dari 4, permainan akan berakhir jika seluruh anggota aktif mati. Di RPG OJ, hal itu tidak terjadi. Anda diberikan kesempatan lagi untuk menyusun 4 anggota aktif berikutnya. Permainan baru akan berakhir jika tidak ada lagi tokoh yang tersisa.

4. Waktu Gaia.

Dalam dunia RPG OJ, yang digunakan adalah waktu Gaia. Waktu ini cukup berperan penting dalam beberapa aspek dalam permainan, misalnya bonus yang didapat jika menyelesaikan tugas Vandhuln tepat waktu atau lebih cepat (bisakah?), monster yang muncul pada saat-saat tertentu saja (termasuk bos tersembunyi), dan banyak lagi. Layar juga akan berubah seiring pergantian waktu, jadi tidak terlalu disarankan menjelajahi dunia pada malam hari (selain monster juga bertambah banyak dan sering). Berikut zona waktu yang mungkin Anda perlukan untuk menjelajahi tempat-tempat tertentu:

Zona Waktu Pukul
pagi 06.00 hingga 10.59
siang 11.00 hingga 15.59
sore 16.00 hingga 18.59
malam 19.00 hingga 23.59
larut malam 00.00 hingga 03.59
subuh 04.00 hingga 05.59

Waktu Gaia dihitung berdasarkan waktu nyata dunia kita. Satu menit waktu Gaia adalah satu detik waktu dunia kita. Waktu dapat dipercepat dengan hal-hal tertentu, terutama tidur. Hanya saja, waktu tidur akan berbeda-beda, tergantung zona waktu saat itu. Silakan pelajari sendiri dan temukan berapa jam yang dihabiskan untuk tidur pada tiap zona waktu.

5. Level maksimal 300.

Sesuai dengan konsep awal RPN OJ, level maksimal yang dapat diraih pada RPG OJ adalah level 300. Karena ini, pada level awal seorang tokoh dapat saja memiliki ribuan HP (rata-rata 4000 HP) dan damage yang terjadi berada di kisaran ribuan. Jadi, pertimbangkan baik-baik dalam menghadapi suatu pertarungan.

6. Multi-equip.

Multi-equip

Perlengkapan suatu tokoh tidak dibatasi hanya senjata, armor, perisai, helm, dan aksesori seperti bawaan RMXP, namun ada slot-slot tambahan, seperti cincin, amulet, tangan kiri dan kanan (digunakan untuk beberapa senjata yang membutuhkan dua tangan), sepatu bot, dan lainnya. Ada juga item terkutuk (yang memang tidak ada tanda secara khusus, kecuali setelah dikenakan), jadi berhati-hatilah saat mendapatkan item baru. Untuk sedikit mempermudah permainan, beberapa senjata mengizinkan penggunanya menyerang lebih dari satu kali, walaupun dengan biaya-biaya tertentu.

7. Simpan di mana saja.

RPG OJ tidak memiliki save point seperti kebanyakan RPG pada umumnya. Ini dilakukan mengingat tingkat kesulitan RPG OJ agak tinggi, selain untuk mempermudah pemain meninggalkan permainan kapan saja tanpa harus bersusah payah mencari save point terlebih dahulu. Gunakan untuk menyimpan permainan sebelum menghadapi bos. Ada 99 slot yang tersedia, jadi tidak perlu khawatir.

8. Teknik IP.

Setelah menjadi ciri khas Lufia II dan seterusnya, kini teknik IP diperkenalkan kembali di RPG OJ. Kebanyakan teknik IP akan diperoleh dari perlengkapan, sesuai konsep dasarnya, namun beberapa lainnya dapat dipelajari, baik secara otomatis (melalui level-up) atau melalui quest tertentu. Gunakan IP sebaik-baiknya untuk menolong membasmi musuh lebih cepat atau menyembuhkan diri dari berbagai status merugikan.

9. Minimap.

Minimap

Di lokasi-lokasi tertentu (misalnya di World Map), sebuah peta mini akan muncul di pojok kanan bawah layar. Gunakan peta ini untuk membantu mengenali arah. Sementara tidak tersedia di kota. Pada kebanyakan DTS (dungeon, tower, shrine), peta tidak akan muncul sebelum pemain memiliki peta lokasi yang bersangkutan. Teknik kompas (seperti pada serial The Legend of Zelda) akan diterapkan kemudian jika dimungkinkan. Peta ini dapat diperbesar dengan menekan tombol tertentu (akan dijelaskan nanti). Untuk sementara, minimap tidak terpengaruh zona waktu, jadi manfaatkan sebagai bantuan saat menjelajahi suatu lokasi di malam hari.

Baru di versi 0.2!

10. Bertahan akan mengembalikan sekitar 10% HP dan MP. Gunakan untuk memulihkan tenaga sejenak. Juga berlaku untuk musuh!

11. Warga negara yang baik wajib membayar pajak, begitu kata orang bijak. Mulai versi ini, pajak akan diberlakukan di tiap toko. Jangan segan untuk mengunjungi toko, beberapa akan memberikan diskon!

12. Bar HP kini lebih informatif dengan perubahan warna seiring dengan perubahan HP:
antara 50% hingga 100%: kuning ke hijau
di bawah 50%: merah ke kuning

13. Awas! Statistik semua tokoh akan selalu berubah seiring waktu. Keadaan terlemah terjadi pada malam dan dini hari. Masih tertantang untuk menjelajahi dunia di malam hari?

14. Skill pasif. Skill ini tidak dapat digunakan, namun secara pasif akan menambah beberapa statistik tertentu.

15. Enchanted item. Beberapa item akan memberikan tambahan statistik secara permanen, asalkan mereka masih ada dalam inventori.

16. Jendela quest. Jendela ini akan menampilkan quest yang sedang dilakukan saat itu dan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Sementara hanya memuat quest utama, namun tidak menutup kemungkinan adanya side quest di versi selanjutnya.

17. Dalam pertarungan, semua tokoh inaktif akan memulihkan diri sekitar 5% HP dan MP tiap giliran. Tentu saja, ini tidak berlaku untuk tokoh yang sedang KO.

18. Di dunia, seluruh tokoh akan memulihkan 1 hingga 10 HP dan SP per langkah. Ini juga tidak berlaku untuk tokoh yang sedang KO.

19. Beberapa status baru:
- Vènöm dan Töxin kini lebih berbahaya dibandingkan Pöisön. Buktikan sendiri di Hutan Hitam!
- Luka bakar. Hanya terjadi setelah Hutan Hitam terbakar dan tidak dapat disembuhkan dengan item biasa!
- Régèn. Sama persis seperti status Regen pada Final Fantasy, status ini akan memulihkan 10% HP tiap giliran dalam pertarungan dan 1% HP pada dunia, jika beruntung.

20. Selain IP skill, kini beberapa perlengkapan juga dapat memberikan skill dan status tertentu. Silakan temukan sendiri perlengkapan apa ini, namun hati-hati perlengkapan terkutuk!

21. Untuk komputer yang tidak terlalu kuat, kini ada pengaturan untuk sedikit mempercepat RPG OJ. Ini meliputi penggunaan CPU maksimal, toleransinya, dan prioritas RPG OJ pada Windows.

22. Penggunaan balon komik ditambahkan untuk mempermudah mengetahui tokoh mana yang sedang berbicara saat itu (terutama jika ada lebih dari satu tokoh yang penampilannya sama).

23. Jumlah item maksimal yang dapat dimiliki kini tidak lagi 99, melainkan 999!

Copyright © 2006 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

RPG OJ © 2004, 2006 Our Journey team under RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Screenshot yang ada di seluruh bagian ini adalah hanya gambar penjelas, namun dapat didistribusikan ulang tanpa seizin RPGFID.

Image host by Imageshack. Free image host here!