Logo RPGFID

Lufia II: Rise of the Sinistrals

Subquest: Ancient Cave

RPGFID > Dunia Impian > Lufia > Lufia II

Halaman utama | Jalan cerita | Tokoh | Sistem | Replay! | Subquest | Minigame | Teknologi

Ancient Cave | Dragon Egg

<updated! 08/02/2006>

Subquest yang sangat menggemparkan dan menantang, subquest ini bisa dimainkan tersendiri pada mode Gift. Ancient Cave sangat terkenal di antara pemburu harta karun harena keunikan dan keanehannya.

Konon, di Ancient Cave tersimpan sepuluh harta karun berharga yang memancarkan sinar pelangi. Mereka dinamakan Iris Treasure. Belum pernah ada yang berhasil mendapatkan satupun Iris Treasure karena keganasan Ancient Cave. Kabar tersiar bahwa apabila seseorang berhasil sampai ke lantai terbawah Ancient Cave (B99), sebuah monster penjaga Iris Treasure terakhir akan menanti. Sayangnya, sekali lagi, belum pernah ada yang berhasil sampai di lantai terbawah. Akankah Maxim berhasil mengumpulkan kesepuluh Iris Treasure dan sampai di lantai terbawah Ancient Cave?

Ancient Cave terdiri dari total 99 lantai dalamnya. Seseorang mengatakan, percuma menggambar peta Ancient Cave karena gua itu akan selalu berubah. Maksudnya, B1 tidak akan pernah sama dengan B2, B12 tidak akan pernah sama dengan B86, dan seterusnya. Selain itu, apabila seseorang memasuki lagi gua itu setelah keluar, ruangannya akan berubah sama sekali. B1 yang dulu tidak akan pernah sama dengan B1 yang sekarang, maupun dengan B1 di masa depan. Inilah keunikan Ancient Cave, dan mungkin teknologi ini baru diperkenalkan pertama kali untuk SNES. Teknologi yang sama juga diterapkan di seri Lufia berikutnya.

Selain ruangan yang tak pernah sama, Ancient Cave juga menerapkan aturan ketat. Semua orang yang akan memasuki Ancient Cave harus meninggalkan semua peralatan (senjata, pakaian pelindung, dan aksesoris lainnya) dan barang bawaannya (termasuk semua emas) di pintu masuk. Selain itu, tak peduli seberapa tinggi level seseorang, ia akan diturunkan ke level 1. Semua gulungan sihir juga harus ditinggalkan di pintu masuk. Orang tua di pintu masuk Ancient Cave akan menerangkan peraturan ini. Ia juga akan membekali pengunjung dengan hanya 10 Potion, jadi turutilah nasehatnya: Gunakan baik-baik!

Sekali masuk, tak ada jalan untuk kembali. Tak pernah ada tangga untuk naik, karena semua tangga menuju ke bawah. Lalu, bagaimana caranya untuk keluar? Kecuali pemain menyerah dengan meng-KO semua tokoh dan meninggalkan semua perolehannya begitu saja, ada satu benda yang amat langka, bahkan hanya ada satu: Providence. Benda ini bisa didapatkan di lantai 20-an dan dapat digunakan untuk keluar dari Ancient Cave kapan saja. Tentu saja, Providence diperlakukan sebagai item biasa, jadi jangan sampai dijatuhkan atau diberikan kepada Capsule Monster untuk dimakan!

Setelah selesai memburu harta dalam Ancient Cave, semua benda yang didapatkan (termasuk gulungan sihir, uang, senjata, perlengkapan, dan barang-barang lainnya) harus ditinggalkan di pintu keluar, kecuali benda yang berasal dari kotak harta berwarna biru dan Iris Treasure sendiri. Semua benda yang ditinggalkan akan dikembalikan, dan level semua orang akan dikembalikan seperti semula. Iris Treasure sebaiknya dibawa ke sebuah pameran di bawah bar di Gruberik.

Apabila mengunjungi Ancient Cave lagi, item sebelumnya yang didapat dari kotak biru dalam Ancient Cave boleh dibawa lagi. Pada mode Normal (jika bisa) dan Retry, ada beberapa item yang boleh dibawa masuk, termasuk Gades Blade.

Khusus pada metode Gift, pemain bisa menentukan sendiri siapa yang akan masuk ke Ancient Cave. Maxim jelas harus ada di sana. Pemain bebas menentukan apakah Maxim berani masuk sendirian, bersama istrinya Selan, atau ditemani tokoh-tokoh lain sampai terbentuk kelompok sebanyak maksimal 4 orang. Tujuh tokoh utama boleh dipilih (Tia juga ada di sini). Selain itu, semua Capsule Monster (yang otomatis didapatkan) juga boleh dibawa masuk.

Pada metode Retry, perolehan EXP dan Gold yang digandakan empat kali lipat tak berlaku di Ancient Cave. Perolehan EXP dan Gold dikembalikan seperti semula.

Keunikan Ancient Cave inilah yang membuat subquest ini dipisahkan menjadi satu quest tersendiri pada mode Gift. Namun, amat sulit untuk menaklukkan Ancient Cave apabila kita tidak tahu siasatnya. Hoshiro belum pernah menamatkan quest ini, bahkan belum pernah lebih dari lantai 50.

Kembali ke atas.

Copyright © 2003, 2004 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

Lufia II: Rise of the Sinistrals adalah © 1996 Natsume/Taito, ™ Nintendo.

Screenshots yang tercantum dalam halaman ini hanyalah untuk peraga dan penjelas. Dilarang mengkopi, mereproduksi, atau menyebarluaskan screenshot yang ada dalam halaman ini dengan tujuan apapun.